LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS X-8

SMA NEGERI 6 BANDUNG

Abstrak

Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran efektifitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan penyesuaian sosial siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin melalui dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui angket penyesuaian sosial, pedoman observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan gambaran penyesuaian sosial siswa sebelum diberi layanan bimbingan kelompok yaitu 59,46 % kategori tinggi, 35,14 % kategori sedang dan 5,41 % kategori rendah. Pada siklus 1 diperoleh hasil bahwa layanan bimbingan kelompok yang diberikan tidak berpengaruh terhadap penyesuaian sosial siswa, sedangkan pada siklus 2 mempunyai pengaruh yang signifikan sebagaimana ditunjukkan oleh gambaran penyesuaian sosial siswa yaitu 91,89 % kategori tinggi dan 8,11 % kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan penyesuaian sosial siswa kelas X-8 SMA Negeri 6 Bandung.